ALAT
PERAGA
1. Alat
peraga berupa pohon kecil yang terbuat dari barang bekas
Dipresentasikan oleh Agung (UMS). Alat peraga
ini berbentuk tanaman kecil yang berada pada pot yang terbuat dari botol bekas
dengan tangkai, daun, dan bunga. Semuanya dibuat dengan bahan bekas.
kelebihannya adalah :
a.
Alat peraga ini mempunyai banyak
kegunaan, tidak hanya dalam 1 mata pelajaran. Seperti :
·
Dapat digunakan untuk mata pelajaran
matematika mengenalkan bangun datar pada kelas rendah
·
Dapat digunakan untuk pembelajaran IPA
tentang bagian tubuh tumbuhan
·
Dapat digunakan untukpembelajaran SBK
dengan tema Daur Ulang
b.
Mudah dibuat dan tidak begitu rumit
c.
Dapat memotivasi peserta didik untuk
semangat mempelajari materi yang diajarkan.
d.
Mempermudah pemahaman peserta didik
dalam menyerap materi pembelajaran.
Kelemahannya adalah :
a.
Tidak ada cara penggunaannya atau
prosesnya, hanya diperlihatkan pada peserta didik saja
b.
Terlalu sederhana dan biasa
c.
mudah rusak atau tidak tahan lama.
Potensi
kedepannya, alat peraga ini dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai penunjang
proses pembelajaran untuk mempermudah pemahaman peserta didik dan membangkitkan
semangat belajar. Tetapi mungkin alat peraga ini akan semakin ditinggalkan
karena perkembangan teknologi yang semakin maju.
2. Alat
peraga Pemanfaatan Energi Angin dan listrik
Dipresentasikan
oleh Galih Dwiana Putra (Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Dalam alat peraga
ini memasang baling-baling berhadapan agar dapat memutar dari segala arah dan dari
baling-baling mengalir energy listrik ke turbin generator yang akan
menghidupkan mercusuar. Bahan-bahan yang digunakan antara lain: gerabah, kayu
pinus, benang, kardus, botol bekas, dll.
Kelebihannya :
a.
Dapat digunakan lebih dari 1 mata
pelajaran dan banyak kegunaannya ,seperti
·
Mata pelajaran IPA mengekplorasi
teknologi tenaga angin
·
Mata pelajaran IPS menjaga laut agar
tetap asri
·
Menjelaskan manfaat mercusuar unruk
memberikan tanda kepada nelayan pada wakru malam hari
·
Menjelaskan manfaat tenaga angin untuk
menjalankan turbin dengan energy listrik dapat disalurkan dalam rumah.
b.
Dapat menjelaskan secara rinci dan
mendalam tentang pemanfaatan angin di daerah pantai dan bagaimana prosesnya.
c.
Dapat memotivasi peserta didik untuk
semangat mempelajari materi yang diajarkan.
d.
Memberikan pengalaman baru bagi peserta
didik
Kekurangannya adalah :
a.
Cara penggunaannya terlalu rumit
b.
Proses terjadinya berbelit-belit
sehingga sulit dimengerti siswa.
c.
Terlalu banyak bahan yag digunakan dan
sulit untuk dibuat
d.
mudah rusak atau tidak tahan lama
Potensi
ke depannya, alat peraga ini dapat
digunakan untuk membantu siswa dalam pemahami materi pelajaran. Akan tetapi
mengingat kelemahannya yang sangat rumit dalam penggunaanya, mungkin alat peraga
ini sulit untuk di diterapkan di SD biasa.
post by: Hana Purbaningrum (A510110094)
post by: Hana Purbaningrum (A510110094)