Translate

Kamis, 20 Juni 2013

REFLEKSI


AGIF DESTIAN PRASETYO
A510110069



Tak terasa ya sudah selesai aja kuliah semester ini. Selama saya mengikuti mata kuliah ICT ini banyak banget ilmu yang saya dapat, mulai dari bagaimana mengembangkan media pembelajaran itu khususnya untuk siswa sekolah dasar. Dalam proses pembelajaran banyak sekali media – media yang dapat menunjang keberhasilan guru dalam mengajar. Salah satunya yaitu menggunakan media pembelajaran ICT, dari media ini saya dapat membuat sebuah hasil karya berupa video Flash Animation dan Story Bird  serta dapat membuat sebuah blogg yang mana dalam blogger tersebut telah disisipkan sebuah materi – materi ulasan materi tiap kali pertemuan.Sehingga mau nggak mau kita mengingat-ingat apa yang telah dipelajari dan secara otomatis kan belajar juga gitu. Dan dengan adanya ICT dapat mengembangkan kreativitas masing – masing orang untuk berkarya dan menghasilkan karya yang berguna bagi semua orang.Apalagi yang story bird saya kira itu susah sekali ternyata juga lumayan gampang asal kita memiliki kreativitas yang tinggi pasti hasilnya juga akan baik.  
Selama dalam kelompok saya merasa senang, karena kami didalam kelompok belajar tentang bertanggung jawab( bertanggung jawab buat ngepost laporan ke blog, walaupun suka males sih heheheh :D), kekompakan, dan kebersamaan mengerjakan tugas. Kami selalu mementingkan kepentingan kelompok, saling menghargai pendapat satu sama lain. Kalau ada tugas yang banyak kami membagi tugas tersebut agar semua juga dapat berpartisipasi aktif dalam kelompok.
Masukan untuk pembelajaran ICT, dalam mata kuliah ICT sudah baik yaitu lebih banyak diberi waktu dalam praktek dari pada materi.namun ada satu hal yang agak mengganjal ya, supaya  semua mahasiswa dapat mengetahui secara detail mengenai cara-cara membuat flash animations .alangkah lebih baiknya  bu dosen dalam menjelaskan kepada mahasiswanya lebih menyeluruh artinya semua mahasiswa baik yang d suruh maju atau tidak d perhatikan semua agar semua mahasiswa mengerti.Mahasiswa perlu di beri buku pegangan supaya dapat mempelajari materi lebih mudah. Oh ya, kan selama ini saya lihat juga yang rajin bawa laptop aja yang diperhatikan,yang lainnya yang nggak bawa jadi kurang perhatian #tsaaaah hehehe. Anyway secara keseluruhan udah bagus, bukannya mau membanding-bandingkan dengan dosen lain tapi bu Ama lebih memberi kita kebebasan, mungkin ibu juga sudah tau kalu selama kuliah ini tugas dari dosen-dosen lain itu sangat mematikan hahaha. Terimakasih Bu JJJJJJJJJJJJJJJ

Kamis, 13 Juni 2013


Nama : Lathifah Arifatul Farida
NIM : A510110093

REFLEKSI
                Selama mengikuti perkuliahan MPICT banyak ilmu baru yang saya dapatkan. Pertama saya mendapatkan definisi tentang ICT , dalam memberikan pengertian tersebut Bu Nur Amalia selaku dosen memberikan gambaran terlebih dahulu menggunakan pesawat terbang dari kertas. Gambaran tersebut sangat sederhana namun dengan begitu murid akan mendapatkan, mengetahui dan memahami dengan sendirinya pengetahuann baru dari hal tersebut. Selain itu ada juga teori pemahaman anak, teori tersebut menjelaskan bagaimana penyampaian suatu pembelajaran. Pengetahuan baru yang kedua yaitu software animasi dalam adobeflash, darisitu saya mengetahui betapa pentingnya mengikuti perkembangan tekhnologi. Dengan mengikuti perkembangan dan memanfaatkan tekhnologi sangatlah penting bagi guru, karena agar dapat lebih maksimal dalam penyampaian. Namun pada perkuliahan ini saya sangat tidak setuju karena disini per kelompok hanya diambil 1 orang untuk dapat mengetahui dan memahami bagaimana cara penggunaan animasi adobeflash tersebut padahal adobeflash ini menurut saya juga rumit dan sulit. Jadi banyak mahasiswa yang kurang faham atau bahkan tidak mengetahui  tentang animasi  adobeflash tersebut,. Seharusnya pada saat perkuliahan ini seluruh mahasiswa diwajibkan  membawa laptop atau pembelajaran dilakukan di dalam Lab komputer agar mahasiswa bias mempraktikkannya secara langsung , dengan begitu pembelajaran ini dapat kami fahami dengan maksimal . Ketiga saya juga mendapatkan pengetahuan tentang storybird. Storybird tersebut menurut saya adalah sebuah media dimana dengan media tersebut kita dapat menuangkan sebuah cerita dengan berbagai gambar – gambar. Media ini sangatlah menarik bagi saya karena disini dilengkapi dengan gambar – gambar unik dan pasti akan menarik dan menyenangkan juga untuk anak usia SD.
       Demikian refleksi yang dapat saya sampaikan. Terima kasih kepada Bu Nur Amalia selaku Dosen MPICT yang senantiasa telah memberikan pengetahuan – pengetahuan baru kepada kami selama 1 semester ini. Apabila da hal yang tidak berkenan saya mohon maaf. :)
MP ICT
REVIEW & REFLEK INDIVIDU

Maslihatul Umami
(A510110097/IV B)

1) Apa yang sudah dipelajari dalam pembelajaran MP ICT ?
            Ada bayak materi dan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran dalam mata kuliah MP ICT. Matrei yang saya peroleh selama mengikuti perkuliahan MP ICT yaitu adalah sebagai berikut :
a.     Pengertian dan pemahaman media pembelajaran.
b.      Perbedaan Teknologi Pendidikan dan Pendidikan Teknologi
c.       Perencanaan Media Pembelajaran
d.      Belajar membuat kompetensi dan Indikator dalam RPP mata pelajaran ICT 
e.       Membuat Flash Animation
f.       Membuat blog untuk kelompok.
g.      Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Visual
h.      Mengenal dan membuat cerita dalam Storybird.

2) Apa yang dipelajari ketika berada dalam sebuah tim ?
          Banyak hal yang dapat saya pelajari ketika saya berada dalam sebuah tim,yaitu mengenai kekompakan dan kerjasama yang baik dalam menciptakan kinerja tim yang maksimal. dalam hal ini tentunya perbedaan opini masing-masing individu tentu berbeda, tergantung bagaimana sebuah tim tersebut memanagement perbedaan tersebut. Ada beberapa tugas kelompok yang telah selesai kami kerjakan bersama dalam tim saya,diantaranya yaitu membuat blog tim, membuat flash animation, dan pembuatan laporan mengenai media pembelajaran. 

3) Masukan untuk pembelajaran MP ICT 
          Dalam proses pelaksanaan proses pembelajaran MP ICT sudah menyenangkan. pembelajaranhya asik, sehingga tidak membosankan. namun perlu diperhatikan beberapa hal yaitu untuk penguasaan materi terutama untuk materi yang diamggap sulit oleh mahasiswa. seharusnya untuk materi yang seperti itu bisa menggunakan tetode pembelajaran yang bervariatif dan menyenangkan, sehingga menarik minat mahasiswa untuk memperdalam penguasaan materi tersebut.

Selasa, 11 Juni 2013

●♥●▬▬▬▬▬▬ REFLEKSI DAN REVIEW MPICT ▬▬▬▬▬●♥●

AFIFAH NOURITA
A510110099



Dalam Mata kuliah Media Pembelajaran Information & Communication Technology (MPICT), telah memberikan bekal kemampuan dan pengetahuan yang banyak sebagai calon guru. Kita dapat mengenal mengenai Pendidikan Teknologi vs Teknologi Pendidikan, ICT dan Pedagogi untuk Pendidik Profesional, Konsep Dasar Media Pembelajaran & Prosedur Pengembangannya, FLASH ANIMATION : Animasi Pendidikan, Media Pembelajaran melalui Visual Arts, Seni Peran, dan Seni Suara, dan yang terakhir STORYBIRD.

Pelajaran yang didapat dalam berkelompok mata kuliah MPICT ini, antara lain: Saling menanamkan rasa menghormati dan menghargai pendapat antar anggota kelompok, Adanya rasa tanggung jawab, Disiplin waktu dalam pengumpulan tugas, Kebersamaan, Keseruan, dan Keakraban dalam berkelompok.

Masukan untuk MPICT, antara lain sebagai berikut: Dalam pembelajaran MPICT berlangsung dosen bisa memanfaatkan area hotspot (Wi-Fi), Untuk pembagian kelompok disarankan maksimal 3 anggota saja dikarenakan jika berlebihan banyak mahasiswa yang belum paham seperti dalam materi pembuatan FLASH ANIMATION, Dosen lebih banyak melakukan pendekatan kepada mahasiswa agar terjalin hubungan yang lebih dekat dan akrab, Apabila dosen berhalangan hadir (ada keperluan) lebih baik diganti jam lain.

★Salam Hangat★ ★Salam Sukses

Rabu, 05 Juni 2013

REFLEKSI
1.      Dengan mengikuti mata kuliah ICT ,pada dasarnya kita mendapat ilmu untuk mengetahui, memahami dan membuat media pembelajaran khususnya pada sekolah dasar yang berfungsi  membantu dan menunjang proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien serta menyenangkan. Media pembelajaran sangat mempermudah guru dalam memberi materi yang akan diajarkan karena dengan media pembelajaran siswa lebih mampu memahami dan menyerap pelajaran. Adapun pembelajaran yang dapat dipelajari dalam mata kuliah ICT ini adalah sebagai berikut :
a.       Pengertian dan pemahaman media pembelajaran.
Di sini saya dapat mengetahu apa itu ICT, apa itu media pembelajaran, dan apa fingsi dari media pembelajaran.
b.      Perbedaan Teknologi Pendidikan dan Pendidikan Teknologi
Teknologi Pendidikan lebih menfokuskan teknologi daripada pendidikan, sedangkan Pendidikan Teknologi lebih menfokuskan pendidikan ketimbang Teknologi.
c.       Perencanaan Media Pembelajaran
Membuat resum tentang perencanaan media pembelajaran
d.      Belajar membuat kompetensi dan Indikator dalam RPP mata pelajaran ICT
Dengan pelatihan membuat kompetensi dan indicator ICT membantu saya untuk lebih mengerti dan bisa membuat membuat kompetensi dan indicator yang tepat untuk peserrta didik. 
e.       Membuat Flash Animation
Dengan flash amimation, kita dapat membuat media pembelajaran berupa gambar yang jika di klik salah satu bagian dalam gambar maka bisa muncul penjelasan foto/gambar atau suara sesuai yang kita keinginan. Dulu saya sangat kesulitan membuat flash animation karena langkah-langkahnya terlalu rumit bagim saya, tetapi jika terus dipelajari maka akhirnya juga akan bisa juga dan itu menjadi suatu kegembiraan bagi saya. Media membelajaran ini mempunyai kelemahan harus menggunakan LCD, jadi tidak dapat dimanfaatkan bagi SD yang kurang mampu atau SD terpencil.
f.       Membuat blog untuk kelompok
Kewajiban untuk membuat blog dalam kelompok, sangat bermnfaat karena sekarang saya dapat membuat blog sendiri dan dapat memosting hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
g.      Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Visual
Pembelajaran dengan media menggambar menggunakan alat indra seperti alat indra kulit untuk meraba bentuk anggota badan kita dan menuangkannya dengan menggambarnya di selembar kertas.
h.      Mengenal dan membuat cerita dalam Storybird
Media membelajaran storybird berupa gambar-gambar yang membentuk rangkaian cerita yang menarik bagi anak-anak. Dengan kreatifitas dan imajinsi yang tinggi, kita dapat membuat ceria bergambar dengan beragam warnadan bentuk yang menarik bagi anak serta dapat menyisipkan pesan-pesan moral dalam setiap cerita sehingga anak mendapat pembelajaran dari cerita tersebut.

2.      Tugas yang diberikan dalam mata kuliah ICT sebagian besar dikerjakan secara kelompok. Dalam kerjasama kelompok saya mendaptkan pelajaran yang sangat berharga, bahwa dalam kelompok kita harus saling menghargai pendapat salah satu anggota kelompok kita walaupun pendapat itu bertolak belakang dengan pendapat kita. Mengajari  saya tentang rasa tanggungjawab sebagai anggota kelompok yang mempunyai tugas bersama dan itu penting. Kita tidak boleh mengandalkan anggota kelompok yang pintar karena setiap anggota kelompok mempunyai tugas masinh-masing yang sama pentingnya. Dengan  bekerja kelompok saya juga lebih akrab dan lebih dekat dengan teman sekelompok, karena seringnya komunikasi dengan mereka. Kebersamaan dan kekompakan kelompok harus tetap terjaga untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.


3.      Masukan untuk mata kuliah ICT, menurut saya pembelajaran yang dilakukan dalam mata kuliah ICT sudah baik dan cukup menyenangkan. Disini kita dapat membuat media pembelajaran dengan mrenggunakan teknologi yang ada saat ini. Pembelajaran juga menyengkan karena tidak terpaku pada materi saja dan kita dapat memraktekan langsung cara membuat media pembelajarannya. Tetapi saran saya, dalam hal pemahaman tiap mahasiswa harus ditekankan lagi, karena pada pembelajaran flastanimation dulu hanya bebebrapa siswa yang maju dan bisa membuatnya, sementara sebagian besar mahasiswa tidak tau apa-apa sehingga kelas tidak terkondisikan dengan baik. Untuk itu saya berharap semoga metode yang diberikan dalam pelajaran ini bisa menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya. 

post by : Hana Purbaningrum (A510110094)