Translate

Rabu, 05 Juni 2013

REFLEKSI
1.      Dengan mengikuti mata kuliah ICT ,pada dasarnya kita mendapat ilmu untuk mengetahui, memahami dan membuat media pembelajaran khususnya pada sekolah dasar yang berfungsi  membantu dan menunjang proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien serta menyenangkan. Media pembelajaran sangat mempermudah guru dalam memberi materi yang akan diajarkan karena dengan media pembelajaran siswa lebih mampu memahami dan menyerap pelajaran. Adapun pembelajaran yang dapat dipelajari dalam mata kuliah ICT ini adalah sebagai berikut :
a.       Pengertian dan pemahaman media pembelajaran.
Di sini saya dapat mengetahu apa itu ICT, apa itu media pembelajaran, dan apa fingsi dari media pembelajaran.
b.      Perbedaan Teknologi Pendidikan dan Pendidikan Teknologi
Teknologi Pendidikan lebih menfokuskan teknologi daripada pendidikan, sedangkan Pendidikan Teknologi lebih menfokuskan pendidikan ketimbang Teknologi.
c.       Perencanaan Media Pembelajaran
Membuat resum tentang perencanaan media pembelajaran
d.      Belajar membuat kompetensi dan Indikator dalam RPP mata pelajaran ICT
Dengan pelatihan membuat kompetensi dan indicator ICT membantu saya untuk lebih mengerti dan bisa membuat membuat kompetensi dan indicator yang tepat untuk peserrta didik. 
e.       Membuat Flash Animation
Dengan flash amimation, kita dapat membuat media pembelajaran berupa gambar yang jika di klik salah satu bagian dalam gambar maka bisa muncul penjelasan foto/gambar atau suara sesuai yang kita keinginan. Dulu saya sangat kesulitan membuat flash animation karena langkah-langkahnya terlalu rumit bagim saya, tetapi jika terus dipelajari maka akhirnya juga akan bisa juga dan itu menjadi suatu kegembiraan bagi saya. Media membelajaran ini mempunyai kelemahan harus menggunakan LCD, jadi tidak dapat dimanfaatkan bagi SD yang kurang mampu atau SD terpencil.
f.       Membuat blog untuk kelompok
Kewajiban untuk membuat blog dalam kelompok, sangat bermnfaat karena sekarang saya dapat membuat blog sendiri dan dapat memosting hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
g.      Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Visual
Pembelajaran dengan media menggambar menggunakan alat indra seperti alat indra kulit untuk meraba bentuk anggota badan kita dan menuangkannya dengan menggambarnya di selembar kertas.
h.      Mengenal dan membuat cerita dalam Storybird
Media membelajaran storybird berupa gambar-gambar yang membentuk rangkaian cerita yang menarik bagi anak-anak. Dengan kreatifitas dan imajinsi yang tinggi, kita dapat membuat ceria bergambar dengan beragam warnadan bentuk yang menarik bagi anak serta dapat menyisipkan pesan-pesan moral dalam setiap cerita sehingga anak mendapat pembelajaran dari cerita tersebut.

2.      Tugas yang diberikan dalam mata kuliah ICT sebagian besar dikerjakan secara kelompok. Dalam kerjasama kelompok saya mendaptkan pelajaran yang sangat berharga, bahwa dalam kelompok kita harus saling menghargai pendapat salah satu anggota kelompok kita walaupun pendapat itu bertolak belakang dengan pendapat kita. Mengajari  saya tentang rasa tanggungjawab sebagai anggota kelompok yang mempunyai tugas bersama dan itu penting. Kita tidak boleh mengandalkan anggota kelompok yang pintar karena setiap anggota kelompok mempunyai tugas masinh-masing yang sama pentingnya. Dengan  bekerja kelompok saya juga lebih akrab dan lebih dekat dengan teman sekelompok, karena seringnya komunikasi dengan mereka. Kebersamaan dan kekompakan kelompok harus tetap terjaga untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.


3.      Masukan untuk mata kuliah ICT, menurut saya pembelajaran yang dilakukan dalam mata kuliah ICT sudah baik dan cukup menyenangkan. Disini kita dapat membuat media pembelajaran dengan mrenggunakan teknologi yang ada saat ini. Pembelajaran juga menyengkan karena tidak terpaku pada materi saja dan kita dapat memraktekan langsung cara membuat media pembelajarannya. Tetapi saran saya, dalam hal pemahaman tiap mahasiswa harus ditekankan lagi, karena pada pembelajaran flastanimation dulu hanya bebebrapa siswa yang maju dan bisa membuatnya, sementara sebagian besar mahasiswa tidak tau apa-apa sehingga kelas tidak terkondisikan dengan baik. Untuk itu saya berharap semoga metode yang diberikan dalam pelajaran ini bisa menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya. 

post by : Hana Purbaningrum (A510110094)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar